.

Selasa, 15 Februari 2011

Perkembangan Demokrasi di Indonesia Cabaran dan Pengharapan



















Oleh: Irwan Prayitno


Akhir milenium kedua ditandai dengan
perubahan besar di Indonesia. Rejim Orde Baru yang  telah  berkuasa
 selama  32  tahun
 yang  dipimpin  oleh  Soeharto
 akhirnya  tumbang. Demokrasi  Pancasila  versi  Orde
 Baru  mulai  digantikan
 dengan  demokrasi  dalam  arti
sesungguhnya.  Hanya  saja  tidak
 mudah  mewujudkan  hal  ini,
 karena  setelah  Soeharto tumbang   tidak   ada   kekuatan   yang   mampu   mengarahkan   perubahan   secara   damai,
bertahap dan progresif.


Yang ada justru muncul berbagai konflik
serta terjadi perubahan genetika sosial masyarakat Indonesia. Hal ini tak lepas
dari pengaruh krisis moneter yang menjalar  kepada  krisis
 keuangan  sehingga  pengaruh  depresiasi  rupiah  berpengaruh
signifikan  terhadap  kehidupan  ekonomi  rakyat  Indonesia.
 Inflasi  yang  dipicu
 kenaikan harga   bahan  bakar   minyak  (BBM)   sangat   berpengaruh
 kepada  kualitas  kehidupan masyarakat.  Rakyat  Indonesia
 sebagian  besar  masuk
 ke  dalam  sebuah
 era  demokrasi sesungguhnya  dimana  pada
 saat  yang  sama
 tingkat  kehidupan  ekonomi  mereka  justru
tidak lebih baik dibandingkan ketika masa Orde Baru.


Indonesia   setidaknya   telah   melalui
 empat 
 masa   demokrasi
 dengan 
 berbagai   versi.
Pertama   adalah   demokrasi 
 liberal   dimasa   kemerdekaan.   Kedua   adalah   demokrasi
terpimpin,  ketika  Presiden  Soekarno  membubarkan  konstituante  dan  mendeklarasikan
demokrasi terpimpin.           Ketiga   adalah demokrasi            Pancasila              yang                dimulai sejak pemerintahan Presiden Soeharto. Keempat
 adalah demokrasi yang saat  ini masih dalam masa transisi.


Kelebihan dan kekurangan pada masing-masing
masa demokrasi tersebut pada dasarnya bisa  memberikan pelajaran berharga  bagi kita.  Demokrasi liberal ternyata pada saat  itu belum  bisa  memberikan
 perubahan  yang  berarti
 bagi  Indonesia.  Namun  demikian,
berbagai kabinet yang jatuh-bangun pada masa itu telah memperlihatkan berbagai ragam
pribadi  beserta  pemikiran  mereka  yang
 cemerlang  dalam  memimpin
 namun  mudah dijatuhkan  oleh  parlemen
 dengan  mosi  tidak
 percaya.  Sementara  demokrasi  terpimpin yang 
 dideklarasikan   oleh   Soekarno   (setelah   melihat   terlalu   lamanya   konstituante
mengeluarkan  undang-undang  dasar  baru)
 telah  memperkuat  posisi  Soekarno
 secara absolut.   Di   satu   sisi,   hal   ini   berdampak   pada   kewibawaan   Indonesia   di   forum Internasional
 yang  diperlihatkan oleh berbagai manuver  yang  dilakukan
Soekarno  serta munculnya  Indonesia  sebagai  salah  satu
 kekuatan  militer  yang  patut
 diperhitungkan  di Asia.  Namun  pada
 sisi  lain  segi
 ekonomi  rakyat  kurang
 terperhatikan  akibat  berbagai
kebijakan politik pada masa itu.


Lain  pula  dengan
 masa  demokrasi  Pancasila  pada  kepemimpinan
 Soeharto.  Stabilitas keamanan  sangat  dijaga
 sehingga  terjadi  pemasungan  kebebasan  berbicara.  Namun tingkat kehidupan ekonomi rakyat relatif
baik. Hal ini juga tidak terlepas dari sistem nilai tukar dan alokasi subsidi BBM
sehingga harga-harga barang  dan jasa berada
pada titik keterjangkauan masyarakat secara umum. Namun demikian penyakit korupsi,
kolusi dan nepotisme  (KKN)  semakin  parah  menjangkiti
 pemerintahan.  Lembaga  pemerintahan yang  ada  di  legislatif,  eksekutif  dan  yudikatif
 terkena  virus  KKN
 ini.  Selain  itu,
pemasungan  kebebasan  berbicara  ternyata  menjadi  bola  salju
 yang  semakin  membesar yang siap meledak. Bom waktu ini telah
terakumulasi sekian lama dan ledakannya terjadi pada bulan Mei 1998.


Selepas kejatuhan Soeharto,  selain  terjadinya
kenaikan  harga  barang  dan
 jasa  beberapa kali  dalam kurun  waktu  8
 tahun  terakhir,  instabilitas  keamanan  dan  politik
 serta  KKN bersamaan  terjadi  sehingga  yang  paling
 terkena  dampaknya  adalah  rakyat
 kecil  yang jumlahnya  mayoritas  dan  menyebabkan
 posisi  tawar  Indonesia
 sangat 
lemah  di  mata internasional akibat tidak adanya kepemimpinan
yang kuat.


Namun  demikian,  demokratisasi  yang  sedang
 berjalan  di  Indonesia
 memperlihatkan beberapa  kemajuan  dibandingkan  masa-masa  sebelumnya.  Pemilihan  umum  dengan
diikuti  banyak   partai
 adalah 
 sebuah  kemajuan 
 yang   harus   dicatat.   Disamping   itu pemilihan  presiden  secara  langsung
 yang  juga  diikuti
 oleh 
pemilihan  kepala  daerah secara langsung adalah kemajuan lain dalam
tahapan demokratisasi di Indonesia. Diluar hal 
 tersebut,   kebebasan   mengeluarkan   pendapat            dan 
 menyampaikan   aspirasi   di masyarakat
juga semakin meningkat. Para kaum tertindas mampu menyuarakan keluhan mereka  di  depan
 publik  sehingga  masalah-masalah  yang  selama
 ini  terpendam  dapat diketahui  oleh  publik.
 Pemerintah  pun  sangat
 mudah  dikritik 
bila  terlihat  melakukan penyimpangan dan bisa diajukan ke pengadilan
bila terbukti melakukan kesalahan dalam mengambil suatu kebijakan publik.


Jika diasumsikan bahwa pemilihan langsung
akan menghasilkan pemimpin yang mampu membawa  masyarakat  kepada  kehidupan
 yang 
 lebih  baik,   maka  seharusnya
 dalam beberapa  tahun  ke
 depan  Indonesia  akan  mengalami
 peningkatan  taraf  kesejahteraan
masyarakat.  Namun  sayangnya  hal  ini
 belum  terjadi  secara  signifikan.
 Hal  ini  sebagai
akibat masih terlalu kuatnya kelompok yang pro-KKN maupun anti perbaikan.


Demokrasi di Indonesia masih berada
pada masa transisi dimana berbagai prestasi sudah muncul   dan   diiringi   ”prestasi”                yang      lain.        Sebagai   contoh,   munculnya    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  dirasakan  mampu  menimbulkan
efek  jera para koruptor dengan dipenjarakannya
beberapa koruptor. Namun di sisi lain, para pengemplang dana bantuan  likuiditas  bank  Indonesia
 (BLBI)  mendapat  pengampunan  yang  tidak
 sepadan dengan ”dosa-dosa” mereka terhadap
perekonomian.


Namun demikian, masih ada sisi positif
yang bisa dilihat seperti lahirnya undang-undang sistem pendidikan nasional yang
mengamanatkan anggaran pendidikan sebesar 20 persen. Demikian  pula  rancangan  undang-undang 
anti  pornografi  dan  pornoaksi
 yang  masih dibahas  di  parlemen.   Rancangan
 undang-undang   ini  telah  mendapat   masukan
 dan dukungan   dari   ratusan   organisasi   Islam   yang   ada   di   tanah   air.            Hal 
 ini   juga memperlihatkan
 adanya  partisipasi  umat  Islam
 yang 
meningkat  dalam  perkembangan demokrasi di Indonesia. Sementara
undang-undang sistem pendidikan nasional yang telah disahkan parlemen juga pada
 masa pembahasannya mendapat  dukungan yang kuat  dari berbagai organisasi Islam.


Sementara   itu,   ekonomi
 di  era   demokrasi  ternyata 
 mendapat   pengaruh
 besar 
 dari


kapitalisme  internasional.  Hal  ini
 menyebabkan  dilema.  Bahkan  di
 tingkat  pemerintah, adakesan      mereka                tunduk dibawah   tekanan           kapitalis                internasional      yangtidak diperlihatkan secara kasat mata kepada
publik namun bisa dirasakan.





Tantangan dan Harapan


Amartya  Sen,  penerima
 nobel  bidang  ekonomi
 menyebutkan  bahwa  demokrasi
 dapat


mengurangi kemiskinan. Pernyataan
ini akan terbukti bila pihak  legislatif menyuarakan
hak-hak  orang  miskin  dan
 kemudian  pihak  eksekutif
 melaksanakan  program-program yang efektif untuk  mengurangi kemiskinan.  Sayangnya, dalam masa transisi ini, hal itu belum
terjadi secara signifikan.


Demokrasi  di  Indonesia
 terkesan  hanya  untuk
 mereka  dengan  tingkat
 kesejahteraan ekonomi  yang  cukup.
 Sedangkan  bagi  golongan
 ekonomi  bawah,  demokrasi
 belum memberikan  dampak  ekonomi
 yang  positif  buat  mereka.
 Inilah  tantangan  yang  harus
dihadapi  dalam  masa  transisi.
 Demokrasi  masih  terkesan
 isu  kaum  elit,
 sementara ekonomi  adalah  masalah 
riil  kaum  ekonomi 
bawah  yang  belum  diakomodasi
 dalam proses  demokratisasi.  Ini  adalah  salah  satu
 tantangan  terberat  yang  dihadapi  bangsa Indonesia saat ini.


Demokrasi dalam arti sebenarnya terkait
dengan pemenuhan hak asasi manusia. Dengan demikian ia merupakan fitrah yang  harus dikelola agar menghasilkan output yang  baik. Setiap manusia memiliki hak untuk menyampaikan
pendapat, berkumpul, berserikat dan bermasyarakat.  Dengan  demikian,
 demokrasi  pada  dasarnya
 memerlukan  aturan  main.
Aturan main tersebut sesuai dengan nilai-nilai Islam dan sekaligus yang terdapat
dalam undang-undang maupun peraturan pemerintah.


Di masa transisi,  sebagian besar orang  hanya tahu  mereka  bebas
berbicara,  beraspirasi, berdemonstrasi. Namun
aspirasi yang tidak sampai akan menimbulkan kerusakan. Tidak sedikit  fakta  yang
 memperlihatkan  adanya  pengrusakan
 ketika  terjadinya  demonstrasi menyampaikan  pendapat.  Untuk  itu
 orang  memerlukan  pemahaman  yang  utuh
 agar mereka bisa menikmati demokrasi.


Demokrasi  di   masa   transisi 
 tanpa   adanya   sumber   daya   manusia   yang   kuat   akan mengakibatkan
masuknya pengaruh asing dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ini adalah  tantangan 
 yang   cukup   berat   juga   dalam  demokrasi 
 yang   tengah   menapak.
Pengaruh asing     tersebut             jelas       akan      menguntungkan               
mereka                dan        belum tentu menguntungkan Indonesia. Dominannya
pengaruh asing justru mematikan demokrasi itu sendiri  karena  tidak      diperbolehkannya           perbedaan          pendapat            yang     seharusnya menguntungkan  Indonesia.  Standar  ganda  pihak
 asing  juga  akan
 menjadi  penyebab mandulnya demokrasi di Indonesia.


Anarkisme yang juga menggejala pasca
kejatuhan Soeharto juga menjadi tantangan bagi demokrasi  di  Indonesia.
 Anarkisme  ini  merupakan
 bom  waktu  era
 Orde  Baru  yang
meledak  pada  saat  ini.
 Anarkisme  pada  saat
 ini 
seolah-olah  merupakan  bagian  dari


demonstrasi yang sulit dielakkan,
dan bahkan kehidupan sehari-hari. Padahal anarkisme justru bertolak belakang dengan
hak asasi manusia dan nilai-nilai Islam.


Harapan  dari  adanya
 demokrasi  yang  mulai  tumbuh 
adalah  ia  memberikan  manfaat sebesar-besarnya  untuk  kemaslahatan
 umat  dan  juga
 bangsa.  Misalnya  saja,  demokrasi
bisa   memaksimalkan 
 pengumpulan   zakat   oleh   negara   dan   distribusinya   mampu mengurangi   kemiskinan.   Disamping   itu   demokrasi   diharapkan   bisa   menghasilkan
pemimpin   yang   lebih   memperhatikan 
 kepentingan   rakyat   banyak   seperti
  masalah
kesehatan dan pendidikan.


Tidak  hanya  itu,
 demokrasi diharapkan  mampu  menjadikan
 negara kuat.  Demokrasi di negara  yang  tidak
 kuat 
akan  mengalami  masa  transisi
 yang  panjang.  Dan  ini
 sangat merugikan  bangsa   dan   negara. 
 Demokrasi  di  negara   kuat   (seperti
 Amerika) 
 akan berdampak  positif  bagi  rakyat.
 Sedangkan  demokrasi  di  negara
 berkembang  seperti Indonesia                tanpa menghasilkan       negara  yang      kuat       justru    tidak      akan      mampu
mensejahterakan  rakyatnya.  Negara  yang
 kuat  tidak  identik
 dengan  otoritarianisme maupun militerisme.


Harapan rakyat  banyak tentunya adalah pada masalah kehidupan ekonomi
mereka  serta bidang kehidupan lainnya. Demokrasi
membuka celah berkuasanya para pemimpin yang peduli  dengan  rakyat
 dan  sebaliknya  bisa  melahirkan
 pemimpin  yang  buruk.
 Harapan rakyat  akan  adanya
 pemimpin  yang  peduli
 di  masa  demokrasi
 ini  adalah  harapan
 dari implementasi demokrasi itu sendiri.


Di  masa  transisi
 ini,  implementasi 
demokrasi  masih  terbatas  pada  kebebasan  dalam berpolitik, sedangkan masalah ekonomi masih
terpinggirkan. Maka muncul kepincangan dalam  kehidupan  berbangsa  dan  bernegara.
 Politik  dan  ekonomi
 adalah  dua  sisi
 yang berbeda  dalam  sekeping   mata  uang,   maka   masalah  ekonomi  pun  harus   mendapat
perhatian yang serius dalam implementasi demokrasi agar terjadi penguatan demokrasi.


Semakin  rendahnya  tingkat  kehidupan  ekonomi  rakyat  akan
 berdampak  buruk  bagi
demokrasi  karena  kuatnya  bidang  politik
 ternyata  belum  bisa
 mengarahkan  kepada perbaikan  ekonomi.  Melemahnya  ekonomi  akan  berdampak  luas  kepada
 bidang 
lain, seperti masalah sumber daya manusia. Sumber daya manusia yang lemah
jelas tidak bisa memperkuat demokrasi, bahkan justru bisa memperlemah demokrasi.


Demokrasi  di  Indonesia
 memberikan  harapan  akan  tumbuhnya
 masyarakat  baru  yang
memiliki  kebebasan  berpendapat,  berserikat,  berumpul,  berpolitik  dimana  masyarakat
mengharap  adanya  iklim  ekonomi
 yang  kondusif.  Untuk  menghadapi  tantangan 
dan mengelola harapan ini agar menjadi kenyataan dibutuhkan kerjasama antar
kelompok dan partai politik agar demokrasi bisa berkembang ke arah yang lebih baik.





0 komentar:

Posting Komentar

 
... ...

Radar Korupsi Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts